JANGAN BOSAN BERBUAT BAIK YAA...


JANGAN BOSAN BERBUAT BAIK...



Bismillah, Alhamdulillah, AssolatuwassalamualaRosullillah...

Kembali lagi sahabat masih bisa berjumpa dengan saya. Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk menuliskan sedikit apa yang ada dalam benak saya, semoga ini bermanfaat untuk diri saya pribadi khususnya dan para pembaca sekalian.

Kali ini saya akan bicara tentang berbuat baik. Fitrahnya manusia itu sangat senang dalam berbuat kebaikan dan sebaliknya dia sangat benci akan keburukan, karena Allah SWT menciptakan kita dalam kebaikan. Salah satu buktinya apa sih, coba sahabat lihat anak kecil, coba kita sama – sama perhatikan, seorang anak kecil itu sangat jujur sekali pada dirinya, apa adanya, dan sangat senang ketika dia melakukan perbuatan – perbuatan yang baik. lalu kenapa kadang kita masih melihat ada orang – orang yang mungkin masih melakukan hal – hal yang tidak baik? pendapat saya adalah sejatinya semua orang itu baik, namun ada beberapa orang yang mungkin belum tau akan perbuatan baik itu.

Perbuatan baik itu harus dipaksakan awalnya agar kita berani  memulai dan terbiasa. Perbuatan baik itu sangat susah, dan pasti sangat besar godaannya.Namun jangan khawatir, jika kita bisa melakukannya Allah akan berikan hadiah yang luar biasa. Jangan pernah menyepelekan perbuatan baik walau perbuatan itu terlihat kecil dan sepele. Apa contohnya ? senyum salah satunya, senyum kepada saudara kita adalah salah satu perbuatan yang baik, termasuk dalam ibadah, senyum adalah ibadah, lalu sudah senyumkah Anda hari ini kepada saudara kita???hehe . Lalu membantu teman kita yang sedang kesusahan juga perbuatan yang baik, hadir dalam kajian,  pengajian – pengajian, menuntut ilmu , berbakhti kepada kedua orang tua, serta banyak lagi perbuatan – perbuatan baik lainnya.

Semua perbuatan baik itu butuh keistiqomahan, pengorbanan, dan kesungguhan. Berbuat baik itu ibarat sebuah akar, dengan keikhlasannya di mengalirkan kebaikan kebaikan yang disalurkan untuk semua bagian dalam pohon dan akan menyuburkan dan menumbuh besarkan sang pohon serta kelak pada waktunya akan muncul buah buah manis dan bunga yang indah yang kan memberikan banyak manfaat bagi yang ada disekitarnya. Berbuat baik itu ibarat rantai, ketika kita melakuka satu perbuatan baik maka InsyaAllah kita akan menyambung dengan rantai – rantai kebaikan yang akan menyatukan begitu banyak kebaikan dan suatu saat akan kembali kepada diri kita sendiri. “ Haljazaaulihksan illal Ikhsan” bahwa tidak ada balasan kebaikan melainkan kebaikan pula. Jadi jangan khawatir akan balasan yang akanAllah SWT berikan kepada orang yang suka berbuat kebaikan, insyaAllah kebaikan pula yang akan kembali kepada kita.

Kita harus senantiasa dan sesering mungkin berbuat baik, karena kita tidak tahu, perbuatan baik mana yang akan mengundang Ridho Allah SWT untuk kita masuk kedalam Syurga Nya. Teruslah berbuat baik, karena kita tidak tau kapan kita akan membutuhkan atau mengunduh kebaikan itu suatu saat nanti, kalau kita tidak pernah menanam atau tidak pernah menabung, bagaimana bisa kita mengunduh atau memecahkan celengan kebaikan disaat kita membutuhkannya. Dan ingat kita akan bisa memberi jika kita memiliki, maka milikilah kebaikan milikilah sesuatu agar kita bisa membantu.

Berbuat baik itu juga tidak boleh memilih milih, kepada siapapun kita juga harus berbuat baik. Semua perbuatan itu harus berlandaskan amal sepenuh hati dan ikhlas karena Allah SWT. Cukuplah Allah SWT yang akan menjadi saksinya.kita harus meniru akhlak dari suri tauladan kita Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, Bagaimana beliau mencontohkan perbuatan – perbuatan baik dan itu sangat dicintai oleh Allah SAW dan Rosulnya. Yang pastinya kebaikan itu tidak akan selalu berjalan mulus seperti yang kita kira. Pasti akan ada onak dan duri sebagai ujian yang Allah SWT berikan untuk menaikkan derajat keimanan kita. Seperti Rosullullah SAW, yang selalu dihina, dicaci, dan dulu tersakiti. Maka kita harus bersiap akan hal itu.

Kenapa orang baik sering tersakiti? Karena orang baik selalu mendahulukan orang lain, walaupun kebahagiaan itu sudah ada digenggaman dia tidak menikmatinya sendiri dan tidak lupa membagikan kebahagiaan untuk orang lain. Kenapa orang baik sering dihina? Kerena orang baik tak pernah diberikan kesempatan untuk membela dirinya dia pasrahkan kepada Allah SWT walau bukan dirinya yang memulai perkaranya. Kenapa orang baik sering meneteskan air mata? Karena orang baik gak ingin membagi kesedihannya, karena dia percaya suatu saat Allah SWT  akan mengganti kesabarannya. Kenapa orang baik tidak membenci orang yang telah menyakitinya? Karena orang baik selalu memandang diatas semua Allah SWT lah hakikatnya, jika ia percaya semua itu Allah SWT yang menentukan, bagaimana bisa dia akan mendebatnya. Itulah kenapa orang baik tidak memiliki dendam dan senantiasa tenang dalam kehidupannya.

Pertanda amal – amal baik itu ditrima Allah SWT adalah kita akan senantiasa dimudahkan melakukan hal hal kebaikan lainnya yang perbuatan itu akan sennantiasa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, maka jangan tunda-tunda untuk berbuat baik agar kita senantiasa dikelilingi dengan kebaikan.  Jangan pernah bosan untuk menjadi orang baik yaa... jangan pernah bosan untuk berbuat baik. Mari kita hisab dahulu tabungan amal kita sebelum hari penghisaban yang sebenarnya datang kepada kita, Dahulukan Allah SWT maka Allah SWT pun akan mendahulukan kita dalam segala keperluan, InsyaAllah, semoga kita senantiasa senang dalam berbuat baik dan rinduuuuu akan kebaikan. dan diakhirat kelak kita kan bersama kekasih Allah SWT disyurga Firdaus bersama Nya ..Aamiinn
Wallahualabisowab

#semangat#menebar#manfaat


Post a Comment

0 Comments